Rabu, 25 Juli 2018

Overview of Business processes - ringkasan sistem informasi akuntansi


Overview of Business processes - ringkasan sistem informasi akuntansi 


A. Kebutuhan Informasi Dan Proses Bisnis

Ada beberapa proses bisnis yang dilakukan sebuah entitas bisnis diantaranya adalah perolehan modal , pembelian gedung dan peralatan , perekrutan dan pelatihan karyawan , pembelian persediaan , pembayaran pajak dan lainnya . yang mana setiap aktifitas membutuhkan keputusan yang berbeda pula dan setiap keputusan membutuhkan informasi yang berbeda pula.

B. Siklus Bisnis

Kebanyakan proses bisnis hanya bersifat pertukaran antara aktivitas memberi dan menerima (barang/jasa) siklus transaksi secara umum ada 5 adalah :

1. Siklus Pendapatan

2. Siklus Pengeluaran

3. Siklus Produksi

4. Siklus Penggajian

5. Siklus Pendanaan

C. Pemprosesan Transaksi : Siklus Pengolahan Data

Salah satu fungsi penting SIA adalah untuk memproses transaksi perusahaan secara efektif dan efisien. dalam sistem manual (tidak berbasis komputer) data dimasukkan kedalam buku besar dan jurnal yang disimpan dalam bentuk buku. Dalam sistem berbasis komputer data dimasukkan kedalam komputer dan disimpan dalam bentuk file atau database . Untuk menghasilkan informasi yang penting dan relevan yang disebut secara kolektif disebut sebagai siklus pengolahan data. siklus tersebut dapat di lihat dalam gambar dibawah ini .
Siklus pengolahan data tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

A. Input Data

Tahapan pertama dalam proses pengolahan data adalah pemprosesan input adalah dengan mengambil data transaksi dan memasukkannya kedalam sistem . proses pengambilan data biasanya dipicu oleh aktifitas bisnis . Secara historis sebagian besar bisnis menggunakan dokumen sumber kertas untuk mengumpulkan data mengenai aktivitas bisnis mereka , kemudian mereka akan memindahkan data kedalam komputer . ketika data dimasukkan kedalam layar komputer mereka sering seklai menyimpan nama sesuai dengan identitas isi kertas yang dimasukkan.ada juga yang disebut sebagai Dokumen Turnaround adalah output perusahaan untuk pihak eksternal yang sering sekali memindahkan data ke dokumen kemudian mengembaliakn ke perusahaan sebagai dokumen input Data harus dikumpulkan dari tiga segi setiap aktivitas bisnis.

1. Setiap aktivitas yang menarik

2. Sumberdaya yang dipengaruhi oleh setiap aktivitas

3. Orang yang berpartisipasi dalam setiap aktivitas

Tahapan Kedua adalah memastikan data yang diambil akurat dan lengkap dan tahapan ketiga adalah untuk meyakinkan kebijakan perusahaan diikuti persetujuan.

B. Penyimpanan Data

Data perusahaan adalah salah satu sumber daya yang paling penting . Relevansi data tidak menjamin bahwa data tersebut berguna.Agar data berfungsi sebagaimana mestinya organisasi harus siap dan bisa mengakses data tersebut dengan mudah. Ada beberapa tipe penyimpanan data :

1. Ledger

2. General ledger

3. Subsidiary Ledger

4. Coding Techniques

5. Chart of Accounts

6. Journals

7. Audit Trail

Selain yang disebutkan diatas juga ada konsep penyimpan berbasis komputer dalam kosep ini ada beberap istilah yang digunakan diantaranya adalah : Entitas, atibut, catatan, Field, file, file induk, file transaksi dan ada pula database.

C. Pengolahan Data

setelah data aktifitas bisnis dimasukkan kedalam sistem , mereka harus diproses untuk menjaga arus database. Ada empat jenis aktivitas pengolahan data yang yang berbeda yaitu sebagai berikut :

1. Membuat record data baru , seperti menambahakan data karyawan yang baru dipekerjakan ke database penggajian.

2. Membaca, mengambil atau melihat data yang sudah ada.

3. Memperbaharui data yang tersimpan sebelumnya.

4. Menghapus data seperti membersihkan file induk vendor untuk semua vendor dalam perusahaan yang tidak lagi melakukan bisnis dengan perusahaan.

D. Output Informasi

Tahapan akhir dalam siklus pengolahan data adalah output informasi. informasi biasanya disajikan dalam 3 bentuk informasi diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Dokumen, catatan transaksi atau data perusahaan lainnya , seperti cek dan faktur dikirim kan kepada pihak eksternal.

2. Laporan , Digunakan oleh karyawan untuk mengendaliakn aktivitas operasional dan oleh manajer digunakan untuk membuat keputusan dan untuk merumuskan strategi bisnis.

3. Query, digunakan untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan guna menyelesaikan permasalahan atau menjawab pertanyaan.

Sistem Enterprise resource planning (ERP)

Merupakan suatu sistem yang mengintgrasikan semua aspek aktivitas organisasi seperti akuntansi , keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, manufaktur , manajemen persediaan ke dalam satu sistem. ERP memfasilitasi arus informasi antara berbagai fungsi bisnis perusahaan dan mengelola komunikasi dengan para pemangku kepentingan di luar organiasasi.

Keuntungan sistem ERP :

1. ERP memberikan tampilan tunggal atas data organisasi dan situasi keuangan yang terintegrasi di seluruh perusahaan

2. Input data diambil atau dikunci sekalidan tidak berkali-kali saat dimasukkan kedalam sistem yang berbeda

3. Manajemen mendapatkan visibilitas yang lebih besar kesetiap area perusahaan dan kemampuan dalam memonitor yang lebih besar.

4. Organisasi memperoleh pengendalian akses yang baik

5. Prosedur dan laporan yang telah distandarisasi antar unit binis.

Kerugian Sistem ERP :

1. Biaya yang besar

2. Jumlah waktu yang diminta.

3. Perubahan proses bisnis

4. Kompleksitas yang tinggi

0 komentar:

Posting Komentar